Alasan Mengapa Kecepatan Modem Axis Anda Menurun dan Lambat

Niatnya sih mau bikin artikel cara membuat software portable, tapi apa daya koneksi internet modem Axis yang saya gunakan sangat kronis lambatnya. Jadi niatnya mau posting cara membuat software portable, berubah jadi googling dua hari full mencari penyebab lambatnya internet Axis. Sampai berniat pindah provider gara-gara masalah ini. Padahal Axis menjadi satu-satunya andalan saya untuk berinternetan ria sepanjang hari. Bagaimana tidak, saat beberapa provider lain menghapus layanan internet unlimited-nya, Axis masih tetap menyediakan paket unlimited yang paling murah.

Yang membuat saya memilih Axis adalah karena saat kuota internet saya habis, saya masih bisa menikmati kecepatan internet dengan speed up 128 kbps. Sedangkan provider lain hanya 64 kbps. Namun secara tiba-tiba speed-nya kok jadi anjlok hanya mampu menembus speed maksimal 64 kbps. Galau, kecewa, dan marah bertumpuk menjadi satu dalam pikiran. Mencari penyebabnya gak nemu-nemu. Sampai pada akhirnya ketemu thread di kaskus yang membahas tentang penurunan dari speed Axis secara tiba-tiba. Lalu setelah membaca komentar-komentar thread, saya cek langsung penggunaan paket internet pro unlimited Axis di website resminya http://net.axisworld.co.id/.

Dan... usut punya usut ternyata pemakaian internet kartu Axis yang saya gunakan sudah mencapai 6,72 GB lebih. Huwaaawww... banyak banget yah? Lalu saya simpulkan inilah yang menyebabkan speed-nya menurun menjadi 64 kbps seperti yang ada pada komentar thread kaskus. Disitulah akhirnya kegaluan hatiku terjawab sudah. Gak jadi deh ganti provider lain.

Biar lebih jelas, berikut alasan mengapa speed Axis menjadi 64 kbps, saya dapatkan dari kaskus  :

Share juga ah pengalaman ane..
Ane pake 3 nomer axis, 1 untuk tablet, 2 lagi untuk modem. Semuanya pake axis pro unlimited bulanan basic (FUP promo 1,5GB)
Nah, yg di tablet sih ga pernah ada masalah, soalnya ga terlalu banyak pake juga, paling2 perbulan cuma abis kisaran 1,6GB, setelah lewat dari 1,5GB speed emang turun ke 128kbps maks.
Nah yg jadi masalah tuh yg di modem.
Berhubung full untuk download, jadi pemakaiannya jauh lebih banyak.
Untuk yg dimodem awal2 abis FUP masih dapet 128kbps, tapi setelah pemakaian diatas 6GB langsung kena lock di 64kbps. Ane confirm ini pake 2 kartu yg di modem.
Selama pemakaian juga ane sering2 cek jumlah pemakaian di http://net.axisworld.co.id
Nah disitu bisa diliat itungan volume data yg ane pake.
Jadi kesimpulan ane axis ada 2 FUP
Ilustrasinya kaya gini..
0 - 1,5GB speed = upto 7,2mbps
1,5GB - 6GB speed = upto 128kbps
6GB keatas, speed 64kbps
Itu untuk paket pro unlimited bulanan basic yg ane pake, ga tau deh kalo paket yg laen.
Ane dah complain ini ke CS, jawabannya ya 11-12 lah sama agan yg laen, alesan banyak pengguna dan lain2 (ga mau ngaku kalau ada 2 batasan FUP), padahal di software bawaaan modem jelas2 tertera 64,0kbps dah sama sekali ga bisa tembus walaupun ke 64,1kbps. Ini dah pasti cuma 1 penjelasan, speednya emang turun ke 64kbps setelah penggunaan diatas 6GB.
Ini semua kesimpulan ane sendiri, karena 2 kartu yg dipake di modem sama aja kasusnya.
O ya, web yg ane sebutin diatas kalo cek pemakaian disitu ada bar yg nunjukin kita dah pake berapa banyak datanya, nah kalo bar itu ijo, speed yg ane dapet sesuai dengan syarat dan ketentuan yg di web, tapi kalo warnanya kuning, speednya jadi 64kbps....

Artikel ini sengaja saya posting barangkali ada yang mengalami hal serupa. Dan bisa sedikit memberi penjelasan tentang penyebab speed Axis yang turun menjadi 64 kbps. Semoga berguna...

0 komentar:

Posting Komentar