Cara Mudah Mengusir Virus Tanpa Antivirus

Artikel ini masih berkaitan erat dengan artikel sebelumnya. Silakan baca cara membuat restore point Windows 7 3VY46YBFNJZ9. Seperti yang telah diuraikan pada postingan yang lalu jika System restore merupakan sebuah system tools bawaan windows yang berfungsi untuk mengembalikan settingan windows sesuai yang kita inginkan. Misalkan kawan menginstal sebuah software dan ternyata software tersebut malah membuat keadaan OS Windows kita berjalan tidak normal atau bahkan mungkin windows malah menjadi eror, maka untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan tools system restore tanpa menyebabkan masalah baru timbul. Mengatasi masalah tanap masalah.

Mengatsi virus dengan system restore - Jika dikaitkan dengan masalah untuk mengatasi virus komputer, ternyata tools ini juga cukup ampuh digunakan untuk menghilangkan virus serta mengembalikan windows kita normal kembali, dengan catatan penggunaannya harus tepat dan mengacu pada waktu (sebuah restore point) saat windows belum mengalami eror karena virus. Itulah mengapa jika pembuatan sebuah restore point itu sangat penting agar system restore juga dengan tepat mengembalikan keadaan windows seperti sebelum terkena virus. Saya sendiri lebih mengandalkan system restore yang saya rasa cukup ampuh mengusir virus jika antivirus tidak mampu bekerja secara optimal.

Cara Mengatasi Virus dengan System Restore

Berikut ini langkah-langkah menggunakan System Restore Windows 7 ;
1. Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore


cara mengatasi virus komputer

2. Klik Next, untuk melanjutkan, akan muncul windows seperti gambar di bawah ini

mengatasi virus komputer dengan system restore

3. Perhatikan gambar di atas!
Pada gambar terlihat beberapa daftar rekaman restore point lengkap dengan deskripsi dan tanggal kejadian. Baik yang otomatis dibuat oleh windows ketika menginstall program, windows update, uninstall program dan sebagainya maupun restore point yang telah kita buat secara manual.

Untuk menampilkan hasil rekaman lebih banyak lagi, checklist pada bagian bawah sebelah kiri yang bertuliskan Show more restore point.

Klik sebuah deskripsi dimana saat itu windows dalam keadaan normal (restore point yang kita buat). Misal kita pilih "Windows 7 normal". Jika kawan tidak pernah membuat restore point, pilihlah perkiraan deskripsi dengan memperhatikan waktu sebelum system windows terkena virus. Misal pada tanggal 18-Oct -2012 saat update windows seperti pada gambar di atas. Kemudian klik Next untuk melanjutkan dan akan muncul tampilan seperti di bawah.

mengatasi virus komputer

4. Klik Finish dan proses restore akan berjalan hingga komputer melakukan restart.
5. Selesai.

Akhirnya selesai juga tutorial di atas saya buat. Saya sarankan untuk menggunakan cara ini jika suatu saat windows kawan mengalami masalah. Entah karena virus atau karena sebab lain seperti eror system. Jika system pada  disk C mengalami eror, silahkan baca artikel cara memperbaiki windows tanpa instal ulang.

0 komentar:

Posting Komentar